get app
inews
Aa Read Next : Kesempatan Kerja di BUMN Sucofindo untuk Warga Sulawesi, Cek Syaratnya!

Presiden Ukraina Apresiasi Kehadiran Jokowi, Kunjungan Pertama Pemimpin Asia Setelah Invasi Rusia

Kamis, 30 Juni 2022 | 14:37 WIB
header img
Presiden Jokowi disambut hangat oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Foto: BPMI Setpres

JAKARTA, iNews.id -  Kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Ukraina pada Rabu 29 Juni 2022 sore mendapat apresiasi tinggi dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy

Zelenskyy menyebut kehadiran Jokowi menjadi sejarah baru bagi hubungan Indonesia dan Ukraina.


Presiden Joko Widodo Bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelennsy di Kyev, Ukraina (Foto Istimewa).

"Hari ini merupakan hari bersejarah bagi negara kita di Ukraina dan Indonesia karena ini merupakan kunjungan pertama oleh Presiden Indonesia ke Ukraina. Dan ini adalah kunjungan pertama pemimpin Asia yang sejak awal dari invasi Rusia ke Ukraina," ujar Zelenskyy melalui translator pada jumpa pers yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (30/6/2022).

Apresiasi tersebut, kata Zelenskyy, diberikannya kepada Jokowi karena dinilai memiliki kewenangan dan keberadaannya di dunia Internasional sangat tinggi.

"Kita mengapresiasi hal tersebut terutama Indonesia dan juga kewenangan Anda dan keberadaan Anda di dunia Internasional sangat tinggi. Anda mewakili negara-negara G20 di mana Indonesia merupakan pemegang presidensi tahun ini dan merupakan negara yang kuat di ASEAN dan tahun depan akan menjadi kekuatan ASEAN tahun depan," kata Zelenskyy.

Zelenskyy mengatakan bahwa kehadiran Indonesia di Ukraina juga menjadi simbol untuk memperkuat koalisi dalam melawan perang. Hal tersebut menjadi cerminan negara-negara lainnya untuk mengembalikan stabilitas di dunia.

"Kita mengapresiasi dukungan Indonesia dan dukungan pribadi personal Anda yang ada di masa perang tersebut untuk perjuangan kemerdekaan kita. Dan kita akan memperjuangkan kemerdekaan kita dan juga kemerdekaan Ukraina dari perang kolonial yang dilancarkan oleh Rusia dan secepatnya perang ini berakhir dan secepatnya kita akan mengembalikan situasi politik dan ekonomi di Ukraina," jelas Zelenskyy.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Luwuraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut